Menurut banyak orang, hari jadi ataupun hari ulang tahun merupakan hari yang paling membahagiakan. Di mana hari yang mengingatkan kembali kepada hari di mana kita dilahirkan ke dunia sebagai seorang makhluk Allah yang akan diberikan tanggung jawab. Hari bahagia yang mana setiap orang yang mengenal kita akan mendoakan kita, memberikan hadiah, ucapan selamat dan lain sebagainya.

Menurut saya, hari ulang tahun merupakan hari di mana umur kita semakin bertambah, dengan artian semakin sedikitlah sisa umur yang diberikan oleh Allah. Apakah selama ini kita telah melaksanakan amanah yang diberikan olehNya, atau hanya membuang2 waktu dengan hal2 yang tidak berguna.

Pada hari ini tepat umur saya 21 tahun. Bermakna saya sudah melewati batas umur dewasa, umur yang lebih menentukan bagaimana saya ke depannya. Saya hanya bisa bersyukur masih diberi umur yang panjang hingga saat ini, dan saya berharap bisa memanfaatkan sebaik2 nya sisa umur yang entah saya tidak tahu sampai kapan menjalani kehidupan di dunia fana ini.

Alhamdulillah salah satu “wish” saya tahun kemaren dikabulkan Allah, terima kasih ya Rab. Hanya kepada engkau aku memohon dan hanya kepada engkau aku berterima kasih. Tepat tanggal 10 Agustus 2010 ini saya akan resmi menamatkan kuliah saya dan akan wisuda master. Hal ini tidak pernah terfikirkan sebelumnya bahwa saya akan menamatkan S2 saya di umur yang bisa dibilang “muda” di kalangan saya.

Semoga “wish” yang baru saya ucapkan tadi malam didengar oleh Allah, amien. Terimakasih juga buat teman2 saya yang memberi surprised tadi malam, saya tahu niat kalian semua baik. Saya cukup terharu, melihat perjuangan kalian di tengah malam buta. Terimakasih buat keluarga saya yang selalu mendukung, teman2 yang selalu menemani, dan juga dirimu yang jauh di sana yang selalu menjadi inspirasi saya, bisa dibilang semenjak 3 tahun yang lalu. Maaf kalau selama saya mengenalmu, telah membuat hal2 yang tidak menyenangkan. Sifat yang mungkin masih kekanakan, insyaAllah akan mulai berusaha untuk lebih dewasa.

Sekali lagi terimakasih buat semuanya, dan terutama tempat saya menuntut ilmu selama 4 tahun, yaitu Malaysia. Di sini saya memulai hidup mandiri, menjadi diri saya sendiri dan mengajarkan arti hidup. Mungkin tahun 2010 ini menjadi tahun terakhir bagi saya untuk menetap di negaramu, tapi kau selalu di hati.

*ngantuk