Alhamdulillah, akhirnya Prodi pendidikan kimia UMRAH, Tanjungpinang, Kepulauan Riau akan mengadakan seminar nasional kimia tahun 2017 yang pertama kali, namanya SKIM (Seminar Nasional Kimia Maritim) pada tanggal 5 Agustus 2017. Dimana bidang kimia dan pendidikan kimia di universitas yang ada di indonesia diharapkan bisa saling sharing dalam bidangnya masing-masing dan saling berbagi di UMRAH nantinya. Semoga seminar ini bisa berlanjut terus di tahun-tahun berikutnya.

Pada forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur, Presiden Jokowi menegaskan bahwa beliau bertekad menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini bukan tidak mungkin dilakukan melalui program-program yang diantaranya meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia kelautan, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversity, revitalisasi sektor-sektor maritim diprediksi mampu mengangkat kemaritiman Indonesia agar dapat bersaing dan mampu menjadi poros maritim dunia.

Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mewujudkan cita-cita sebagai poros maritim dunia. Kekayaan alam yang terkandung didalam bumi maritim Indonesia banyak yang belum dimanfaatkan. Selain itu sumber daya manusia yang begerak dibidang maritim belum diberdayakan sepenuhnya. Tentu pengelolaan kekayaan maritim Indonesia tidak akan optimal jika tidak diiringi dengan pengolaan kekayaan sumber daya manusiaanya.

Perkembangan ilmu kimia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring dengan semakin besar kebutuhan yang dibutuhkan oleh suatu negara. Oleh sebab itu dibutuhkan sumber daya manusia yang menguasai sains dan teknologi untuk mengembangkan seluruh potensi sumber daya alam yang dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat luas.

Seminar Nasional Kimia Maritim (SKIM) merupakan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Kimia, Universitas Maritim Raja Ali Haji yang dijadikan sebagai sarana bagi para peneliti di Indonesia khususnya di Kepulauan Riau untuk mengembangakan ide-ide penelitiannya untuk dipublikasikan baik dibidang pendidikan kimia maupun kimia murni. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pertemuan ilmiah, sarana diskusi dan publikasi hasil penelitian bagi para peneliti dibidang kimia.

Yuk Bapak/ibu dosen, guru, pelajar dan umum dihimbau untuk mengikuti seminar nasional kimia maritim yang pertama ini dan yang pasti ada field trip juga. Sehingga selain menjadi ajang meningkatkan ilmu, silaturrahim, juga bisa memperkaya wawasan tentang kepulauan riau. Kapan lagi sampai ke negeri yang kaya akan sumber daya laut ini kalo ga dengan mengikuti seminar kimia ini,,hehe..

Untuk poster dan leaflet bisa dilihat di bawah ini ya..

Pendaftaran bisa langsung ke web : http://skim.umrah.ac.id

Contact person : Nina Adriani 081365698989 🙂

Iklan